Prototype

Prototype adalah proses pembuatan model sederhana software yang mengijinkan pengguna memiliki gambaran dasar tentang program serta melakukan pengujian awal. Prototype memberikan fasilitas bagi pengembang dan pemakai untuk saling berinteraksi selama proses pembuatan, sehingga pengembang dapat dengan mudah memodelkan perangkat lunak yang akan di buat.


Model - model prototype :

1. Prototype kertas atau model berbasis komputer yang menjelaskan bagaimana interaksi antara pemakai         dan komputer.
2. Prototype yang mengimplementasikan beberapa bagian fungsi dari perangkat lunak yang sesungguhnya.        Dengan cara ini pemakai akan mendapat gambaran tentang program yang akan di hasilkan, sehingga dapat    menjabarkan lebih rinci kebutuhannya.
3. Menggunakan perangkat lunak yang sudah ada. Seringkali pembuat software memiliki beberapa program     yang sebagian dari program tersebut mirip dengan program yang akan di buat. 

Contoh Prototype Sistem Parkir di UNISLA.


Step 1 ini, gambaran jika petugas parkir login, ada 2 pilihan yaitu parkir masuk dan parkir keluar.


Step 2, memilih parkir masuk dengan cara mengklik.


Step 3, Klik menu untuk masuk, kemudian memasukkan no.plat motor mahasiswa yang parkir. Setelah itu, save untuk menyimpan, cetak apabila ingin mencetaknya, dan exit untuk keluar dari program itu.


Step 4, Memilih parkir keluar dengan cara mengklik.


Step 5, Klik menu untuk masuk, kemudian ketikkan no.plat lalu klik Search atau langsung enter. Back di gunakan apabila no.plat tidak cocok, dan kembali klik search dan memasukkan no.plat. OK jika no.plat nya sudah cocok. Dan exit untuk keluar dari program.


http://idasofia-belajarbersama.blogspot.co.id/2013/12/pengertian-prototype.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »