Prototype
adalah proses pembuatan model sederhana software yang mengijinkan
pengguna memiliki gambaran dasar tentang program serta melakukan
pengujian awal. Prototype memberikan fasilitas bagi pengembang dan
pemakai untuk saling berinteraksi selama proses pembuatan, sehingga
pengembang dapat dengan mudah memodelkan perangkat lunak yang akan di
buat.
Model - model prototype :
1. Prototype kertas atau model berbasis komputer yang menjelaskan bagaimana interaksi antara pemakai dan komputer.
2. Prototype
yang mengimplementasikan beberapa bagian fungsi dari perangkat lunak
yang sesungguhnya. Dengan cara ini pemakai akan mendapat gambaran
tentang program yang akan di hasilkan, sehingga dapat menjabarkan
lebih rinci kebutuhannya.
3.
Menggunakan perangkat lunak yang sudah ada. Seringkali pembuat software
memiliki beberapa program yang sebagian dari program tersebut mirip
dengan program yang akan di buat.
Contoh Prototype Sistem Parkir di UNISLA.
Step 1 ini, gambaran jika petugas parkir login, ada 2 pilihan yaitu parkir masuk dan parkir keluar.
Step 2, memilih parkir masuk dengan cara mengklik.
Step 3, Klik
menu untuk masuk, kemudian memasukkan no.plat motor mahasiswa yang
parkir. Setelah itu, save untuk menyimpan, cetak apabila ingin
mencetaknya, dan exit untuk keluar dari program itu.
Step 4, Memilih parkir keluar dengan cara mengklik.
Step 5, Klik
menu untuk masuk, kemudian ketikkan no.plat lalu klik Search atau
langsung enter. Back di gunakan apabila no.plat tidak cocok, dan kembali
klik search dan memasukkan no.plat. OK jika no.plat nya sudah cocok.
Dan exit untuk keluar dari program.
http://idasofia-belajarbersama.blogspot.co.id/2013/12/pengertian-prototype.html